Satgas TMMD Reg 119 Kodim 0729 Bantul Bersatu Dalam Pembangunan

Berita9 views

Bantul – Dinding Penahan Tanah (DPT) adalah suatu bangunan yang berfungsi untuk menstabilkan kondisi tanah tertentu yang pada umumnya dipasang pada daerah tebing yang labil. Jenis konstruksi antara lain pasangan batu dengan mortar, pasangan batu kosong, beton, kayu dan sebagainya.

Dengan kata lain merupakan pasangan batu yang dilekatkan dengan campuran semen, pasir dan air untuk melindungi tebing dari keruntuhan tanahnya hal ini dapat terlihat pada sasaran fisik TMMD Reg 119 Kodim 0729 di Dusun Tangkil, Kal. Muntuk & Dusun Salam, Kalurahan Temuwuh, Kapanewon Dlingo, Kabupaten Bantul.

Satgas Dusun Tangkil, Kal. Muntuk & Dusun Salam, Kalurahan Temuwuh, Kapanewon Dlingo, Kabupaten Bantul bersama warga secara ikhlas bergotong-royong tanpa mengenal lelah selalu silih berganti baik mendorong angkong, membawa material dengan ember ataupun mengelar adonan cor ke titik lokasi sasaran DPT.

Dalam pembuatan adonan cor yang dibantu dengan mesin molen memang perlu diperhatikan berapa takaran yang digunakan untuk campuran sehingga menghasilkan beton yang berkualitas ungkap Serda RIyanto Tim Teknis dari Satgas TMMD Reg 119 Kodim 0729 Bantul.

“ Mesin molen sendiri dalam menghasilkan adukan yang merata namun takaran antara campuran material yang perlu diperhatikan bahwa campuran untuk mesin molen agar menghasilkan adonan semen cor yang sempurna biasanya komposisi yang digunakan adalah semen/pasir/splite (1:2:3).” ungkap Serda Riyanto.

“Biasanya dalam membuat adukan semen untuk cor beton langkah-langkahnya sudah ada, dan anggota satgas yang terlibat dalam pekerjaan ini sudah mahir dan sangat memahami cara pembuatan adonan beton yang bagus,” terangnya saat di lokasi pekerjaan.

Ia pun menambahkan saat ini molen yang dioperasionalkan ada beberapa unit, sehingga pekerjaan akan maksimal. Saat ini satgas bersama masyarakat pun terus bergotong-royong memacu pekerjaan tersebut.