Parade Gender Kaltim, Rangkaian Peringatan Hari Kartini ke 145 tahun 2024

Berita, TNI AD52 views

SAMARINDA.OKE91NEWS.COM  – Wakil Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 091 PD VI/Mulawarman Ny. Eva Priyanto Eko Widodo hadiri Parade Gender Kaltim 2024, dalam Rangkaian Peringatan Hari Kartini ke 145 tahun 2024 sekaligus penyelenggaraan pameran Perekat Mama Kaltim 2024.

Kegiatan dibuka langsung Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim Sri Wahyuni ditandai dengan pengguntingan pita di Halaman Kantor Gubernur Kaltim, Selasa (7/5/2024).

Sekda Prov. Kaltim mengatakan, kegiatan Parade Gender 2024 merupakan pelaksanaan tahun ketiga, yang dirangkai dengan pameran Perekat Mama, dan talkshow serta penyerahan Award Gender (pemberian penghargaan kepada tokoh-tokoh perempuan yang berjasa dalam berbagai sektor pembangunan) di Kaltim.

“Diluar sana banyak sekali tokoh perempuan yang inspiratif dalam berbagai bidang kemampuannya berinisiatif untuk menjadi perempuan yang terdepan, baik bidang ekonomi, sosial budaya, pemberdayaan serta hal yang tidak kita sangka-sangka mereka ikut dalam kegiatan pengelolaan limbah, pertanian perkebunan, dimana sektor-sektor yang didominasi olah kaum laki-laki, ternyata gender perempuan juga punya kesempatan, perempuan setara untuk berperan seperti yang dilakukan kaum pria,” kata Sri Wahyuni saat membuka sekaligus Keynote Speaker Parade Gender 2024, di Ruang Ruhui Rahayu.

Kemudian aspek yang kedua, lanjut Sri, dari sisi pemberdayaan, dari sisi pemberdayaan ini mengukur ketimpangan, bagaimana ketimpangan laki-laki dan perempuan dari dua aspek yang pertama dari sisi yang lulus sekolah SMA, kaum perempuan yang lulus SMA itu jumlahnya lebih banyak dibanding laki-laki dengan tahun 2022, jadi ini salah satu indikator pemberdayaan.
.
“Dari sisi tenaga kerja tingkat partisipasi angkatan kerja perempuan itu juga meningkat satu persen dibanding tahun 2022, sedangkan tingkat partisipasi angka kerja untuk laki-laki itu meningkat 0,7 persen, jadi yang perempuan lebih tinggi penyerapan tenaga kerjanya dibanding dengan laki-laki karena itu indeks ketimpangan gender untuk Kaltim di posisi tahun 2023 ini dalam posisi yang membaik,” tuturnya.

Wakil Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 091 PD VI/Mulawarman menyampaikan bahwa begitu besarnya perjuangan dan jasa Raden Ajeng Kartini yang berhasil memperjuangkan emansipasi wanita di Indonesia.

“Kartini tumbuh dan menjalani pendidikan modern, dari sanalah Kartini memiliki pandangan bahwa pendidikan bagi perempuan adalah kunci penting bagi emansipasi wanita. Pembangunan di Indonesia sudah selayaknya melibatkan kaum perempuan sehingga diharapkan segala kebijakan yang diambil oleh pemerintah juga berpihak pada kepentingan dan kebutuhan kaum perempuan yang pada akhirnya mendukung kesetaraan gender di berbagai aspek kehidupan,” jelasnya.
.
Pelaksanaan Parade Gender Kaltim 2024, juga diberikan penghargaan Gender Champion kepada 15 perempuan dari kabupaten kota, dan Award Gender kepada perangkat daerah terbaik yaitu RSUD Kanudjoso Djatiwibowo Balikpapan, DPMPD, dan Dinas Perkebunan, serta penerima penghargaan gender champion kepada ASN yang berkomitmen terhadap Pengarusutamaan Gender (PUG) yaitu Kadis Kehutanan Joko Istanto dan Direktur RSJD Atma Husada Mahakam Indah Puspitasari.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung Sekdaprov Kaltim Sri Wahyuni didampingi Staf Ahli menteri pemberdayaan Perempuan bidang kelembagaan Rini Handayani dan Kepala DKP3A Kaltim Noryani Sorayalita.

Sumber Penrem 091/ASN