Latsitardanus XLIV di Kukar Berkolaborasi Dengan Pemerintah Daerah Melalui Kegiatan Karya Bhakti TNI

TNI AD25 views

Kutai Kartanegara. oke91news.com–   Di dampingi Dandim 0906/Kutai Kartanegara (Kkr) Letkol Czi Damai Adi Setiawan dan Danyontar Wreda Mentar Akmil, Letkol Kav Mohammad Nashir, Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Drs. Edi Damansyah membuka kegiatan Latihan Integrasi Taruna Wreda (Latsitarda) Nusantara XLIV tahun 2024 yang diimplementasikan melalui kegiatan Karya Bhakti TNI bertempat di lapangan bola desa Bangun Rejo kecamatan Tenggarong Seberang kabupaten Kukar. Selasa (07/05/2024)

Pada kegiatan pembukaan karya bhakti dan Latsitarda tersebut, Bupati menyampaikan bahwa kegiatan Latsitarda di wilayah kabupaten Kukar akan berkolaborasi dengan pemerintah daerah dan jajaran Kodim 0906/Kkr dalam upaya membangun infrastruktur pertanian dan peningkatan kapasitas sumber daya petani melalui program karya bhakti TNI.

“Sektor pertanian adalah sektor andalan kabupaten Kutai Kartanegara, melalui program karya bakti dan kegiatan Latsitarda ini diharapkan akan menuntaskan beberapa persoalan yang selama ini dihadapi oleh para kelompok tani yang ada di lima kawasan pertanian di Kukar”.

“Kami menyadari bahwa pemerintah kabupaten Kutai Kartanegara tidak akan dapat menyelesaikan permasalahan pembangunan secara parsial namun harus secara komprehensif dengan dukungan dan keterlibatan aktif seluruh stakeholders yang ada”.

“Keberadaan para taruna dan kadet yang berjumlah 385 orang tentunya akan memberikan warna dan semangat tersendiri bagi masyarakat Kutai Kartanegara dan mengingat kegiatan ini merupakan wujud dari kemanunggalan antara peserta Latsitarda dengan masyarakat sehingga harapannya akan tercipta tali silaturahmi yang kuat dan mampu meningkatkan kembali semangat gotong royong di tengah-tengah masyarakat”, ucap Bupati dalam amanatnya.

Selain itu Dandim 0906/Kkr Letkol Czi Damai Adi Setiawan juga mengungkapkan bahwa para taruna dan taruni dari Akademi Militer (Akmil), Akademi Angkatan Laut (AAL), Akademi Angkatan Udara (AAU), Akademi kepolisian (Akpol), Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Politeknik Siber dan Sandi Negara (PSSN) dan Universitas Pertahanan akan melaksanakan kegiatan latihan integrasi yang diimplementasikan dalam bentuk kegiatan fisik dan non fisik di empat kecamatan diwilayah kabupaten Kukar.

“Seperti diketahui, Kutai Kartanegara merupakan salah satu kabupaten yang dijadikan sebagai lokus kegiatan Latsitarda Nusantara XLIV di wilayah provinsi Kalimatan Timur dimana para taruna taruni dan kadet yang berjumlah 385 orang akan disebar di empat kecamatan di Kukar yaitu Tenggarong, Tenggarong Seberang, Muara Kaman dan kecamatan Loa Kulu”.

“Melalui tema ‘Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara Menuju Kalimantan Timur Maju dan Unggul’ kita punya cita-cita bersama bagaimana kabupaten Kutai Kartanegara menjadi lumbung pangan provinsi Kalimantan Timur”, tutur Dandim.

Usai acara pembukaan karya bhakti TNI dan Latsitarda Nusantara XLIV di wilayah kabupaten Kukar, rombongan Forkopimda melakukan peninjaun lokasi kegiatan karya bhakti yang berupa rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dan peningkatan jalan usaha tani di desa Bangun Rejo. Sumber Kodim 0906/Kkr