Kasrem 091/ASN Hadiri Penutupan Latsitardanus XLIV/2024

BALIKPAPAN.OKE91NEWS.COM – Kasrem 091/ASN Kolonel Inf. Priyanto Eko Widodo. S.I.P mewakili Danrem 091/ASN hadiri upacara penutupan Latihan Integrasi Taruna Wreda ( LATSITARDA ) Nusantara Tahun 2024.Rabu (5/6/2024).

Komandan Jenderal Akademi TNI Letnan Jenderal TNI Rudianto, S.M., CSFA. Bersama dengan Kalemdiklat Komjen. Pol. Drs. Purwadi Arianto, M.Si. memimpin jalannya upacara penutupan Latihan Integrasi Taruna Wreda ( LATSITARDA ) Nusantara Tahun 2024.

“Pada penutupan kali ini saya mengucapkan terima kasih, kepada seluruh peserta Latsitarda Nusantara ke-44 atas kedisiplinan dan kepatuhan yang telah ditunjukkan selama pelaksanaan latihan, sehingga sampai dengan saat ini tidak ada pelanggaran yang dilakukan oleh peserta Latsitardanus maupun pendukung. Dukungan dan kerja sama secara integrasi yang telah diberikan oleh semua pihak ini sangat berperan penting dalam kelancaran, ketertiban dan keamanan jalannya latihan,” ungkap Danjen Akademi TNI.

Pada Acara Penutupan kegiatan kali ini dihadiri Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim Sri Wahyuni, Rektor IPDN Prof. Dr. H. Hadi Prabowo, M.M, Wakapolda Kaltim Brigjen Pol Djati Wiyoto Abadhy, perwakilan wali kota dan bupati serta tamu undangan lainnya.

Kegiatan yang diikuti sebanyak 1.840 Taruna dan Taruni dari 7 akademi, masing-masing Akmil, AAL, AAU, Akpol, IPDN, Unhan dan PSSN. Kegiatan ini mengusung tema “Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara Menuju Kalimantan Timur Maju dan Unggul” yang dilaksanakan di dua kota, masing-masing Kota Balikpapan dan Samarinda serta dua kabupaten, masing-masing di Kabupaten Kutai Kertanegara dan Penajam Paser Utara (PPU).

Kegiatan latihan ini terdiri atas kegiatan fisik dan non fisik. Kegiatan fisik diantaranya meliputi karya bakti, berupa perbaikan rumah ibadah, pos Kamling dan rumah tidak layak huni, pembersihan saluran air dan sungai, perbaikan jalan dan pavingisasi, pengaspalan jalan, pembuatan tugu Latsitarda dan Desa Digital. Sedangkan kegiatan non fisik meliputi riset sosial, penyuluhan kesehatan dan narkoba, wisata sejarah dan pendidikan kesadaran bela negara, promosi sekolah-sekolah kedinasan, dan lainnya.

Suasana acara upacara semakin meriah dengan di suguhkannya tampilan atraktif yel-yel dari masing-masing akademi dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata dari Danjen Akademi TNI kepada Forkopimda Provinsi Kalimantan Timur dan para pejabat bupati dan walikota daerah sasaran latihan. Setelahnya Danjen Akademi TNI, PJ. Gubernur Kalimantan Timur, Kasdam VI/Mlw dan seluruh bupati/walikota sasaran latihan melaksanakan penandatanganan Prasasti Tugu Latsitarda ke-44 tahun 2024.

Danjen Akademi TNI, Letnan Jenderal TNI Rudianto, S.M., CSFA. mengatakan bahwa pihaknya menyampaikan ucapan terima kasih kepada warga Kaltim, Pj. Gubernur Kaltim Akmal Malik dan Jajarannya, Pangdam dan Kapolda serta seluruh Forkopimda di Kaltim.

Dalam kesempatan penutupan ini pula, pihaknya juga menyampaikan permohonan maaf sekiranya dalam melaksanakan kegiatan ini, ada tingkah laku peserta yang kurang berkenan bagi warga Kaltim.

(Penrem 091/ASN)