Prajurit Kikav 2/RTR Ikut Serta Membangun Keharmonisan Rakyat dan TNI di Lokasi TMMD

Berita28 views

Bantul – Keharmonisan TNI dan Rakyat sudah tercipta sejak dahulu. Karena TNI dilahirkan dari Rakyat dan TNI ibu kandungmya Rakyat. Tanpa Rakyat TNI tidak ada apa-apanya dan tanpa TNI rakyat juga tidak ada apa-apanya, begitulah wujud kedekatan antara TNI dan Rakyat benar-benar tidak bisa dipisahkan. “TNI dan Rakyat”, ibarat Ikan dan Air.

Kompi Kavaleri 2/Jayeng Rata Toh Raga terlibat langsung di TMMD Reguler Ke – 119 Tahun 2024 yang di laksanakan di Dusun Tangkil, Kal. Muntuk & Dusun Salam, Kalurahan Temuwuh, Kapanewon Dlingo, Kabupaten Bantul. Kompi Kavaleri 2/Jayeng Rata Toh Raga atau Kikav 2/JRTR merupakan satuan militer dari kecabangan kavaleri organik Kodam IV/Diponegoro yang mempunyai tugas pokok melaksanakan pertempuran darat yang bersifat mobil dan berkendaraan tempur panser guna mendukung tugas pokok Kodam IV/Diponegoro yang dititikberatkan pada operasi pengintaian serta pelaksanaan pengamanan objek vital dan pengamanan VIP/VVIP di seluruh wilayah Kodam IV/Diponegoro. Markas satuan ini berada di kelurahan Demakijo, kapanéwon Gamping, kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sebelumnya satuan ini bernama Kompi Kavaleri Panser 2/BS.

Bukti nyata TNI dan Rakyat tidak bisa dipisahkan bisa terlihat dalam program lintas sektoral program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke – 119 Tahun 2024. Seperti di lokasi TMMD 0729 Bantul personel satgas dan warga benar-benar sungguh harmonis sekali hubungannya layaknya seperti ‘keluarga sendiri’. Sejak kehadiran mereka kebersamaan dengan masyarakat selalu bahu membahu bekerjasama mengerjakan sasaran fisik.

Selain kerjasama mengerjakan sasaran fisik, warga dan anggota Satgas juga selalu bersenda gurau dan mengobrol disaat waktu istrirahat bekerja. Meskipun disibuki pekerjaan sasaran fisik, anggota Satgas juga turut meningkatkan komunikasi sosial (Komsos) dengan masyarakat.

Seperti yang dilakukan prajurit Kikav 2/RTR Prada Zamroni bersama tiga rekannya yang tergabung dalam Satgas TMMD, mereka makan bersama warga masyarakat. “Makan bersama selama dilaksanakan TMMD dirumah orangtua asuh bagaikan dirumah sendiri bersama keluarga, banyak manfaatnya dari TMMD, selain membantu sejahterakan Rakyat lewat pembangunan infrastruktur, TMMD juga menambah keluarga baru bagi TNI” ungkap Prada Zamroni.

Sementara itu,warga masyarakat sangat senang dengan adanya prajurit TNI menginap dirumahnya selama sebulan. Selain menambah income rumah tangga, prajurit TNI juga banyak membantu pekerjaan rumah tangga seperti membersihkan pekarangan rumah, bantu mencuci piring dan memberikan wawasan yang bermanfaat bagi anaknya. “Saya dan suami serta anak-anak sangat senang sekali bapak -bapak tentara menginap disini,ternyata tentara bukan hamya jago untuk perang saja, rupanya segala bisa juga dikerjakan tentara”. Ujar Ibu Sumikem salam satu warga.

Hadirnya tentara dirumahnya, kata Ibu Sumikem banyak memberikan hal-hal positif, karena tentara ada kampung mereka jadi bertambah pembangunan, jalan dibuat, jembatan dibangun, mesjid di rehan dan TPA anak-anak direhab bagus. “Selain bangun infrastruktur tentara juga meningkatkan iman kita demgan sholat berjamaah bersama dirumah, membantu belajar anak dan lainnya’. Tambah Ibu Sumikem.