Pengelolaan Kawasan Terintegrasi Di Harapkan Dapat Wujudkan Pertanian Yang Mempunyai Daya Saing

TNI AD57 views

Kutai Kartanegara. oke91news.com–    Babinsa Koramil 08/Muara Kaman Kodim 0906/Kutai Kartanegara (Kkr), Serka Ruhiyat bersama para petani yang tergabung dalam Gapoktan desa Cipari Makmur menghadiri diskusi terkait pembentukan pengelolaan kawasan pertanian terintegrasi yang ada di desa Cipari Makmur kecamatan Muara Kaman kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Senin (19/02/2024)

Rapat diskusi bersama yang juga dihadiri oleh Camat Muara Kaman, Hj. Barliang dan Kades Cipari Makmur Sodikin Sukmana dilakukan dalam rangka membentuk susunan kepengurusan dan anggota pengelola pertanian integrasi yang ada diwilayah tersebut.

“Penyusunan kepengurusan ini dilakukan sebagai upaya konkret untuk meningkatkan produktivitas pertanian, menjaga keberlanjutan lingkungan dan pelestarian sumberdaya alam serta memastikan kesejahteraan para petani yang ada di desa Cipari Makmur”, ungkap Babinsa Serka Ruhiyat.

Kawasan pertanian terintegrasi  merupakan sistem pertanian dengan memanfaatkan keterkaitan antara tanaman perkebunan, pangan, hortikultura serta ternak dan perikanan untuk mendapatkan agroekosistem yang mendukung produksi pertanian.

“Dengan kerja sama yang baik antara pemerintah setempat, petani, dan masyarakat, diharapkan akan dapat mewujudkan pertanian yang lebih berdaya saing, sekaligus tetap menjaga kelestarian lingkungan dan kesejahteraan para petani”, imbuhnya. Sumber Dim 0906/Kkr