Latsitarda Nusantara XLIV 2024 Menuju Kaltim Maju dan Unggul

Berita, Polri, TNI AD21 views

SAMARINDA.OKE91NEWS.COM – Danrem 091/ASN Brigjen TNI Anggara Sitompul,S.I.P., M.SI dampingi Danjen Akademi TNI Letjen TNI Rudianto, S.M., CFSA, Kaban Kesbangpol Drs.Sopian Agus, Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Trl Budi Utomo dan Waka Polda Kaltim Brigjen Pol Drs Yudawan Ros Winarso,SH.M.H Dialog Publika Khusus (Live) dalam rangka Kegiatan Latsitardanus XLIV TA 2024.

Dengan tema “Latsitarda Nusantara XLIV 2024 Menuju Kaltim Maju dan Unggul” sebagai moderator Angki Cresentia, bertempat di Studio 1 TVRI Kaltim Jl. KH. Wahid Hasyim, Kel. Sempaja Selatan,Kec. Samarinda Utara, Kota Samarinda Kalimantan Timur. Minggu (5/5/2024).

Danjen Akademi TNI, Letjen TNI Rudianto, S.M., CSFA, menyampaikan “Akademi TNI adalah suatu lembaga untuk membentuk karakter pemuda dan pemudi Indonesia yang terpilih dalam mengikuti pendidikan TNI, setalah nantinya kita bentuk karakternya dari sipil ke Militer maka mereka akan kita kembalikan ke masing – masing Matranya”.

Kegiatan di Akademi meliputi banyak hal yang dari pertama mereka di bentuk karakternya dilanjutkan dengan melakukan pendidikan sampai dengan tingkat 4 mereka harus langsung terjun ke wilayah untuk mengenal daerah – daerah  yang ada di Indonesia.

Golnya pada pendidikan Taruna ini adalah di Lasitardasus terintergrasi yang dimana mereka kita temukan dari seluruh Instansi untuk bersama – sama bertukar pikiran serta berinteraksi sesama agar nantinya setelah mereka dinas bertemu di wilayah sudah tidak canggung lagi dalam berkomunikasi antar sesama instansi.

Saat ini jumlah taruna yang ikut dalam kegiatan Lasitarda Nusantara sebanyak 1.395 orang yang dimana ini berasal dari Akmil, AAU, AAL, Akpol, IPDN dan Unhan. Persiapan yang dilakukan oleh Kodam, Polda dan Pemerintah Daerah sudah sangat baik dan kami berterima kasih tentang itu.

Saat ini ada 5 titik yang akan menjadi tempat kegiatan Lasitardanus di wilayah Kaltim yaitu di 2 Kota dan di 3 Kabupaten, kegiatan ini nanti diharapkan dapat berguna bagi masyarakat yang ada.

Kegiatan kita nantinya meliputi menjadi 2 yaitu giat Fisik dan Non Fisik, seperti pembangunan rumah yang tidak layak huni melakukan bantuan.

Kaltim dipilih menjadi tempat kegiatan Lasitardanus dikarenakan ada beberapa alasan seperti demografinya yang bermacam – macam, Geografinya yang luas dari hutan dan tambangnya yang besar serta di tetapkannya Kaltim menjadi IKN agar para taruna ini mengetahui wilayah Kaltim yang di tunjuk sebagai IKN.

Turut hadir dalam acara tersebut Dirjianbang Akademi TNI, Brigjen TNI Olot Dwi Cahyono, Dirdik Akademi TNI Brigjen TNI Heru Langlang Buana, S.I.P, Kasrem, 091/ASN Kolonel Inf Priyanto Eko Widodo,

Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Artanto SIK.M.Si, Kapendam VI/Mlw Kolonel Kav Krisiyanto,S.Sos, Dandim 0901/Samarinda, Kolonel Inf Yusub Dody Sandra, S.I.P., M.I.Pol, Kapolresta Samarinda Kombes Pol Ary Fadli,S.IK .MH.M.Si, dan Kepala Stasiun TVRI Rosnani dan

Sumber Penrem 091/ASN