Danrem 091/ASN : Latsitarda Nusantara di Kaltim untuk mengabdi ke masyarakat

Berita, Polri, TNI AD17 views

SAMARINDA.OKE91NEWS.COM – Pj. Gubernur Kalimantan Timur Bapak Akmil Malik, Pangdam VI/Mlw, Mayjen TNI Tri Budi Utomo dan Kapolda Kaltim, Nanang Avianto dan Danrem 091/ASN Brigjen TNI Anggara Sitompul, S.I.P., M.Si menyambut kedatangan kontingen Latsitarda Nusantara XLIV/2024 di Pelabuhan Semayang Balikpapan, Jumat 3 Mei 2024.

1.840 Taruna dan Taruni dari Akmil, AAL, AAU, Akpol, IPDN, PSSN dan Unhan tiba dengan menggunakan tiga KRI, yaitu KRI Banda Aceh, KRI Banjarmasin dan KRI Makassar.

Ucapan selamat datang dari Pj. Gubernur Kalimantan Timur disampaikan saat membuka sambutan untuk seluruh Taruna dan Taruni yang mengikuti kegiatan Latsitarda ini.

“Untuk seluruh Taruna dan Taruni manfaatkan momen baik ini untuk dapat menimba ilmu dan mendapatkan pengalaman yang sebaik-baiknya untuk bekal dikemudian hari,”ucap Akmal Malik.

Di bawah guyuran hujan pagi ini semangat Taruna dan Taruni tak kendur untuk mengikuti kegiatan perdana di Provinsi Kalimantan Timur ini.

“Saya berpesan agar tetap jaga soliditas dan sinergitas untuk kemajuan negara, selamat berlatih di Provinsi Kalimantan Timur karena ada mitos di sini bahwa setelah meminum air Mahakam, suatu saat kalian akan balik lagi ke sini. Maka dari itu jaga baik nama diri dan akademi kalian di Bumi Etam Kalimantan Timur,”tutup Gubernur Kaltim.

Danrem 091/ASN menambahkan, Para peserta Latsitarda Nusantara akan menjalani masa orientasi dan pengabdian kepada masyarakat di sejumlah wilayah di Kaltim.

Berbagai agenda pengabdian ke masyarakat tersebut berupa kegiatan fisik dan nonfisik, mulai dari kegiatan karya bakti gotong royong, perbaikan rumah ibadah, renovasi rumah tidak layak huni (RTLH), pembersihan saluran air/ drainase, perbaikan jalan, hingga sosialisasi dan penyuluhan berbagai hal kepada masyarakat maupun sekolah-sekolah.

Sedangkan sejumlah wilayah di Kaltim yang menjadi sasaran Latsitarda Nusantara ke- 44 tersebut adalah beberapa kelurahan di Kota Balikpapan, Kota Samarinda, Kabupaten Kutai Kartanegara, Penajam Paser Utara, dan sejumlah desa di Kabupaten Paser.

Hadir dalam kegiatan ini seluruh Forkopimda Provinsi Kalimantan Timur.

Penrem 091/ASN