Kodam VI/Mlw, Prajurit Kodim 0913/PPU Laksanakan Garjas Periodik Semester I 2024

Penajam, (oke91news.com),- Para prajurit di Kodim 0913/PPU melaksanakan Tes Kesegaran Jasmani (Garjas) Periodik Semester I TA. 2024 yang bertempat di lapangan Kompi Senapan C Yonif Raider 600/Modang Jl Prop KM 17 Petung Penajam Kab PPU.Senin (13/5/2024) 

  

Sebelum pelaksanaan Tes Kesegaran Jasmani, seluruh peserta diukur tensi dan berat badannya serta diperiksa kesehatannya lainnya oleh Tim Kes Kodim 0913/PPU.

Peserta yang memenuhi syarat dapat mengikuti tes. Selanjutnya, seluruh peserta melakukan pemanasan dengan melaksanakan senam peregangan yang dipimpin oleh personel Jasdam VI/Mlw serta Jasrem 091/ASN .

Materi yang diuji dalam Tes Kesegaran Jasmani ini adalah Samapta A Lari 12 menit dan Samapta B berupa Pull Up, Sit Up, Push Up, Shuttle Run, dan ketangkasan renang jarak 50 meter.

Menurut Komandan Kodim 0913/PPU Letkol Inf Arfan Affandi melalui Pasi Pers Kodim 0913/PPU Kapten Inf Arsyad menyampaikan,”Tes Kesegaran Jasmani periodik merupakan kewajiban bagi prajurit dan harus dilaksanakan untuk mengetahui tingkat kebugaran fisik prajurit dan kemampuan fisiknya secara berkala.

Tes ini dilakukan untuk menguji kemampuan fisik para prajurit.,Dengan tes ini, dapat diketahui sejauh mana kemampuan prajurit dan tingkat keberhasilan pembinaan fisik pada setiap prajurit, serta membantu dalam mengikuti tes Kesegaran Jasmani kapan pun dilaksanakan.

“Setiap prajurit harus berlatih dengan sungguh-sungguh jika ingin mencapai target nilai yang memuaskan,” imbuh Pasipers.

Lanjutnya,” Tes kesegaran jasmani secara periodik ini adalah program rutin dari Komando Atas sebagai tolak ukur pembinaan satuan. Garjas ini juga salah satu syarat untuk mendapatkan kenaikan pangkat bagi para prajurit dengan kriteria sesuai dengan standart kelulusan yang telah ditentukan, “pungkasnya.

 Kapten Inf Arsyad juga menekankan agar seluruh peserta tetap menjaga faktor keamanan selama kegiatan berlangsung.”Saya harap kegiatan ini bisa dilaksanakan dengan semaksimal mungkin. Tetap jaga faktor keamanan serta sesuaikan kondisi fisik dan kemampuan masing-masing,” tutupnya.

(Sumber Dim 0913/PPU)