Kodam VI/mlw, Peduli UMKM, Babinsa Tanjung tengah Pantau Pelatihan Pemanfaatan Tempurung Kelapa

Penajam, (oke91news.com),- Anggota Koramil 01/Penajam Kodim 0913/PPU yaitu Babinsa Kelurahan Tanjung Tengah Sertu Heri melaksanakan monitoring kegiatan Pelatihan pemanfaatan Tempurung Kelapa menjadi kerajinan dalam rangka menumbuhkan wirausaha baru dan penangulangan kemiskinan di Kab PPU oleh Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Bidang Industri Kab PPU yang bertempat di Aula Pertemuan Kantor Kelurahan Tanjung Tengah RT 02 jln Salo Cina.Selasa (25/6/2024)

Tempurung kelapa atau batok kelapa merupakan bagian yang sering dianggap tidak berguna. Bagian luar dari kulit kepala ini merupakan bagian yang keras dan lebih banyak dibuang oleh masyarakat. Padahal tempurung kelapa juga memiliki banyak manfaat. Terutama ketika tempurung kelapa telah diolah menjadi bentuk arang batok. Berbagai macam manfaat untuk kesehatan anda dapat dihasilkan oleh tempurung kelapa ini.

Dan kali ini Ibu – Ibu UMKM dari Pesisir Tanjung sedang membuat kancing baju yang merupakan contoh kerajinan dari tempurung kelapa. Kancing baju dari batok kelapa ini biasanya kita temukan di baju-baju batik oleh-oleh tempat wisata. Cara membuat kancing baju ini juga mudah karena kita tinggal membentuk pola dan memberikan lubang di bagian tengahnya. Dengan menerapkan kancing baju ini pada baju Sedulur, maka akan memberikan kesan yang unik dan menarik.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 3 hari mulai dari tgl 24 s/d 26 Juni 2024 dalam rangka Sub koordinasi, Singkronisasi dan pelaksanaan pembangunan sumber daya industri melalui kegiatan penanggulangan kemiskinan berupa pelatihan pengolahan  tempurung kelapa di Kab PPU.

(Sumber Dim 0913/PPU)