Kodam VI/Mlw, Dukung Hanpangan, Babinsa Kopka Gampang Laksanakan Penyemaian Cabe Kriting

Penajam, (oke91news.com),- Babinsa Kel Petung Koramil 01/Penajam Kodim 0913/PPU Kopka Gampang melaksanakan kegiatan peyemaian cabe keriting  yang berlokasi di Demlot hanpangan Kodim 0913/PPU  RT 07 Desa Giripurwa Kecamatan Penajam Kab PPU Kaltim.Minggu (14/7/2024)

 

Tanaman cabai keriting dengan vigor tanaman yang tahan dari serangan hama dan penyakit merupakan  dambaan petani. Memiliki cabai segar yang tumbuh dengan optimal dapat memberikan kepuasan tersendiri bagi petani.

Di sela kegiatan Dandim 0913/PPU Letkol Inf Arfan Affandi menerangkan kepada awak media,”Kami bersama Para Babinsa dan Persit serta masyarakat berupaya memanfaatkan lahan tidur dan ini merupakan salah satu bentuk program ketahanan pangan di Kabupaten Penajam Paser Utara,”ujarnya.

Kita apresiasi di mana Babinsa tersebut mengajak dari kelompok kelompok tani untuk mau memanfaatkan lahan yang kosong dan inilah yang kita bisa berikan kepada masyarakat, semoga apa yang sudah kita lakukan ini bisa diteruskan dan bermanfaat bagi masyarakat luas,”tegas Dandim.

Sementara itu Babinsa Kel Petung yang juga sebagai Ketua Poktan Harapan Baru, Gampang Priyatno mengatakan bahwa demplot cabe milik poktan Harapan Baru Desa Giripurwa ini  dengan luas laham 4 ha yang di tanam secara bertahap.

“Lahan seluas 4 ha ini di jadikan demplot dengan aneka komoditas, sebagai sarana pembelajaran anak sekolah serta anggota kelompok tani yang lain dalam pengelolaan tanaman hingga panen,” bebernya.

Komoditi cabai keriting menjadi salah satu komoditas pertanian yang banyak memiliki peminat di Indonesia. Komoditi ini jadi salah satu sektor agrobisnis yang banyak digeluti petani karena hasilnya cukup menjanjikan.

(Sumber Dim 0913/PPU)