Kodam VI/Mlw, Babinsa Tanjung Tengah Dampingi Usaha Peternakan Ayam Petelur di Desa Binaan

Penajam, (https://oke91News.com),-Salah satu bagian dari tugas pokok seorang Babinsa adalah dengan Komsos di wilayah binaannya,seperti Sertu Heri Babinsa Koramil 01/PenajamKodim 0913/PPU saat melaksanakan Komsos melalui pendampingan usaha peternakan ayam petelur yang di jaga oleh Edi selaku peternak/penjaga ayam telor dengan jenis Egg Probium (Telur Probiotik Premium) yang di kelola oleh Perumda Propinsi  Kaltim serta monitoring wilayah yang berlokasi di jln Pondok Kessi RT 09 Kelurahan Tanjung Tengah Kecamatan Penajam Kab PPU.Sabtu (27/4/2024).

 Dalam kesempatannya Babinsa Sertu Heri menyampaikan,” Adapun telur jenis Egg Probium (Telur Probiotik Premium) tersebut diproduksi menggunakan pakan organic dengan tambahan bakteri mikrobiologi yang membuat kandungan telur tinggi akan Omega 3,Vitamin A,B,E dan Zat Besi,rendah kolestrol dan lemak diatas standar WHO,”ungkapnya.

Membahas tentang pengembangan usaha-usaha di wilayah binaan, Sertu Heri mengatakan dengan keuletan dan bekerja keras suatu usaha akan mendapatkan hasil, namun selain itu ada beberapa cara untuk mengembangkan usaha, diantaranya bisa menggunakan sistem kemitraan atau bekerjasama dengan pihak lain dalam beberapa hal yang mendukung dalam usahanya.

“Bekerjasama dengan pihak lain dalam beberapa hal usaha peternakan, misalnya bekerja sama dengan pihak yang bisa mensuplai atau pengadaan bibit, pengadaan pakan, pengadaan obat-obatan atau suplemen/vitamin ayam maupun dengan penjualan hasil panennya.”jelasnya.

“Dengan sistem kerjasama atau bisa juga dibilang bagi hasil ini ada keuntungannya bagi peternak. Diantaranya yaitu beban modal awal yang dikeluarkan oleh peternak tidak terlalu besar serta juga ada kepastian pasar dan kestabilan harga sehingga dapat mengantisipasi kerugian pada peternak.”kata Sertu Heri.

Dengan melaksanakan kegiatan Komsos dengan warga binaan di nilai sangatlah penting. Hadirnya Babinsa ditengah masyarakat berinteraksi langsung dengan harapan dapat membantu meningkatkan usaha maupun kesejahteraan dan perekonomian masyarakat di wilayah binaan

(Sumber Dim 0913/PPU)