Kodam VI/Mlw, Babinsa Koramil 01/Penajam Dampingi Dinsos Cek Up ODGJ

Penajam, (oke91news.com),- Peran Babinsa dan Bhabinkamtibmas seringkali multitasking, terutama saat dibutuhkan masyarakat di wilayah binaan. Mereka bahkan seringkali melakukan aksi-aksi simpatik dalam membantu masyarakat.

Salah satunya seperti yang dilakukan Babinsa Kelurahan Nenang Koramil 01/Penajam Kodim 0913/PPU Serma Endratno saat mendampingi Ibu Ayung pegawai dari Dinas Sosial Kabupaten PPU untuk melaksanakan cek up ODGJ ke RSUD Putri Aji Botung Kelurahan Nipah-Nipah Kec Penajam Kab PPU.Kamis (16/5/2024)

Kurangnya informasi dan pemahaman mengenai penyakit jiwa membuat banyak orang sering kali memperlakukan ODGJ dengan kurang baik.Tak sedikit juga ODGJ di Indonesia yang masih dipasung atau dikurung karena dianggap dapat membahayakan dirinya dan orang lain.

Padahal, kenyataannya tidaklah demikian,dengan menjalani pengobatan yang tepat, ODGJ pun bisa memiliki kualitas hidup yang baik.Juga mencegah dari hal-hal atau tindakan yang membahayakan bagi dirinya sendiri maupun orang lain atau keluarganya.

Serma Endratno usai mendampingi giat tersebut menyampaikan,”Kami selaku apparat territorial kewilayahan dalam tugas-tugasnya, dalam setiap kegiatan pemantauan dan memonitor kejadian atau kegiatan yang ada di wilayah desa binaan sehingga mengetahui setiap kegiatan atau kejadian yang ada di desa tersebut.

“Dan perlu diketahui bahwa ODGJ tersebut bernama Jumadi warga Rt. 015 yang beralamat di Rt. 015 Kelurahan Nenang dan setelah dilakukan cek up di RSUD Kab PPU serta setelah mendapat persetujuan dari pihak keluarga maka akan di rujuk ke Rumah Sakit Jiwa di Samarinda,”jelasnya.

Turut dalam pendampingan antara lain,Ibu Ayung dari Dinsos Kab PPU,Babinsa Kelurahan Nenang Serma Endratno,Sarmina keluarga Pasien,Suwandi keluarga pasien dan Suminto keluarga pasien.

(Sumber Dim 0913/PPU)