Kodam VI/Mlw, Babinsa Koramil 01/Penajam Aktif Kawal progres Pembangunan Bandara VVIP IKN

Penajam, (oke91news.com),- Anggota Babinsa Kel. Pantai Lango, Jenebora Gersik, Riko Koramil 0913-01/Penajam akrif terus mengawal progres pembangunan Bandara VVIP IKN yang berlokasi di Kelurahan Pantai Lango Kecamatan Penajam Kab PPU.Sabtu (23/3/2024)

Dalam kegiatan kali ini meliputi pemantauan di Area pekerjaan  Bandara VVIP IKN ( Penunjang Ibu Kota Nusantara, Percepatan jalan Tol Bebas Hambatan segmen 5B STA 2.100 (Penunjang Ibu Kota Nusantara serta Melaksanakan Monitoring di Wor Shoop Perakitan Bahan matrial besi di PT. PP Infra 1 Bandara VVIP IKN.

Bandara VVIP IKN memiliki runway 3000 x 45 meter dan mampu didarati pesawat berbadan besar jenis Boeing 777-300 ER dan Airbus A380.pelabuhan ini akan menjadi destinasi wisata baru yang menampilkan keindahan alamnya. Dia menjelaskan, aspek lingkungan menjadi perhatian dalam membangun pelabuhan.

Unsur kearifan lokal yang ditonjolkan dalam desain terminal bandara diantaranya nuansa Rumah Panjang, Burung Rangkok, dan lukisan garis lengkung khas Kalimantan. Rumah Panjang merupakan rumah khas suku Dayak di Kalimantan dan akan ditonjolkan pada bangunan bandara dan pelabuhan. Kedua, burung rangkong merupakan burung endemik khas Kalimantan. Ketiga, lukisan atau garis-garis melengkung khas Kalimantan akan ditampilkan secara modern pada Bandara dan pelabuhan.

(Sumber Dim 0913/PPU)