Kodam VI/Mlw, Anggota Babinsa Kodim 0913/PPU Hadiri Konsolidasi Dan Launching Data Indeks Kerawanan Pemillihan (IKP)

Penajam, (oke91news.com),- Segenap personil  perwakilan Babinsa jajaran Kodim 0913/PPU menghadiri acara Konsolidasi Dan Launching Data Indeks Kerawanan Pemillihan (IKP) pada Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur Serta Bupati Dan Wakil Bupati Tahun 2024 yang bertempat di Room Meeting Hotel Grand Nusa Kompleks Islamic Center Jln Provinsi KM. 08,Kelurahan Nipah-Nipah Kecamatan Penajam Kab PPU.Sabtu (27/7/2024)

Ketua Bawaslu Kab PPU, Moh Khazin,SH dalam sambutannya menyampaikan,” Bawaslu Kabupaten Penajam Paser Utara telah melakukan sosialisasi diberbagai elemen di Kabupaten Penajam Paser Utara hanya saja yang paling penting yaitu indeks Konsolidasi Dan Launching Data Indeks Kerawanan Pemillihan (IKP) Pada Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur Serta Bupati Dan Wakil Bupati Tahun 2024.

Dalam rangka menjagaintegritas dan transparansi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Penajam Paser Utara menyusun Pemetaan Kerawanan Pemilu yang bertujuan untuk mengidentifikasi potensi permasalahan dan merumuskan langkah-langkah strategis pencegahan yang akan dilakukan Bawaslu Kabupaten Penajam Paser Utara bersama para mitra strategis.

Sementara itu Kapten Inf Martono memaparkan tentang potensi kerawanan /komlik pilkada 2024 di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara , Pilkada merupakan peristiwa rutin 5 tahunan dalam rangka memilih pemimpin di suatu daerah yang dilaksanakan secara demokratis.Pilkada mengandung kerawanan dan dapat berubah menjadi ancaman apabila dalam pelaks tidak di kelola dengan baik dan benar.

“Perlu adanya langkah-langkah antisipasi agar pelaks pilkada tahun 2024 di wil kodim 0913/ppu agar berjalan dengan aman, tertib dan lancar,”jelasnya.

Langkah langkah mengantisipasi potensi ancaman meliputi, Penyuluhan wawasan kebangsaan dan bela Negara,Melakukan komsos kepada ormas kepemudaan,Pembentukan Desk Pilkada serentak 2024.

Serta, Mendorong KPUD PPU untuk independent, jujur dan adil,Pendampingan KPUD dalam setiap tahapan pilkada khususnya  saat  pencetakan surat suara hingga pendistribusian ke TPS,Gelar Baksos kepada masyarakat dan   Gelar pasukan siap gerak guna perbantuan.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain,Ketua Bawaslu Kab PPU,Muh Khazin, SH,Mewakili Damdim 0913/PPU, Peltu Poniman, Danramil 0913 -03 Babulu, Kapten Inf Martono,Kasi Intel Kejari PPU, Eko Purwantono,SH,Kasat Reskrim Res PPU, AKP Dian Kusnawan,SH,Kabid Poldagri dan Iwasmas Bakesbangpol PPU, Rahmat Hidayat,S.IP,Kasi Tibun Satpol PP PPU, Abdul Gani,Kabid BKAD PPU,Nur Wati S.Sos,Koordinator Sekertariat Bawaslu, Ali Musri Syam.S.IP,Para Danramil 0913/PPU,Para Polsek Se – Kab. PPU,Para Camat Se – Kab. PPU,Para perwakilan Babinsa dan Bhabinkamtibmas se Kab PPU,Perwakilan anggota Satpol PP PPU,Para media cetak dan online wilayah Kab PPU serta Para Staf Bawaslu Kab. PPU.

(Sumber Dim 0913/PPU)