Kepala Satgas Pangan Mayjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos., M.Han Terjun Langsung ke Lapangan di Wilayah Kodim 0729/Bantul

Berita14 views

Bantul – Satgas (Satuan Penugasan) Pangan dan Wasgiat (Pengawasan Kegiatan) yang dilaksanakan oleh Mayjen TNI. Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos., M.Han terjun langsung melaksanakan Pengawasan kegiatan di Wilayah Kodim 0729/Bantul tepatnya di Kalurahan Sriharjo, Imogiri, Bantul dalam rangka melihat langsung Program Penambahan Arial Tanam ( PAT ) padi melalui kegiatan pompanisasi di sawah tadah hujan, Jumat (10/05).

Walapun Satuan penugasan ini baru terbentuk, tidak menyurutkan Mayjen TNI. Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos., M.Han selaku Kepala Satgas Pangan untuk melakukan aksi nyata dengan terjun langsung walaupun di hari libur. Ini menandakan semangat pantang mundur demi terwujudnya swasembada pangan Indonesia ke depan.

Hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 0729/Bantul Letkol Inf Muhidin, S.H., M.I.P., Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bantul Joko Waluyo, Kasdim 0729/Bantul Mayor Cba Suryadi, Kapolsek Imogiri, Para Danramil Jajaran Kodim 0729/Bantul, Lurah Se Kalurahan Imogiri, Kelompok Tani Se kalurahan Imogori serta Babinsa Kodim 0729/Bantul.

Dalam sambutannya Dandim 0729/Bantul Letkol Inf Muhidin, S.H., M.I.P., menyampaikan selamat datang dan selamat atas jabatan Mayjen TNI. Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos., M.Han sebagai Kepala Satgas Pangan.

Letkol Inf Muhidin, S.H., M.I.P. merasa bangga dan terhormat bahwa wilayah Bantul menjadi Satuan yang dituju oleh Kepala Satgas Pangan Mayjen TNI. Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos., M.Han.

Dandim 0729/Bantul Letkol Inf Muhidin, S.H., M.I.P., selaku Komandan Wilayah siap mendukung dan bekerjasama dengan Dinas Pertanian, Kelompok Tani, PPL serta masyarakat dalam rangka melakukan pendampingan sehingga upaya mewujudkan swasembada pangan dapat terwujud.

Kepala Satgas Pangan Mayjen TNI. Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos., M.Han menyampaikan bahwa dalam rangka meningkatkan Swasembada Pangan, TNI mengkolaborasikan program Kementerian Pertahanan yang telah bekerjasama dengan Kementerian Pertanian dan saat ini Satgas Pangan hadir untuk mengecek pompa yang diberikan agar para petani dapat memanfaatkan untuk menanam padi di musim kemarau.

Diharapkan dengan adanya program pompanisasi para petani dapat meningkatkan hasil panennya seperti yang awalnya setahun sekali bisa lebih dan tidak terpengaruh musim. Jelas Mayjen TNI. Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos., M.Han.

Sementara Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bantul Joko Waluyo, S.Pt., M.Si., menyampaikan bahwa Kabupaten Bantul merupakan Salah satu kabupaten penyangga kebutuhan pangan untuk sektor tanaman pangan maupun multikulturadi Yogyakarta.

Terkait dengan hasil Padi, Kabupaten Bantul di tahun 2023 mendapatkan surplus dan saat ini Kabupaten Bantul juga telah menjalankan program dengan panen 4 kali dalam setahun, namun demikian terkait penambahan lahan pertanian Kabupaten Bantul siap memanfaatkan lahan yang ada.

Lebih lanjut Joko Waluyo, S.Pt., M.Si., menjelaskan bahwa terkait dengan program pompanisasi, kita mendapatkan bantuan pompa air yang nantinya akan digunakan di lahan lahan yang tadah hujan sehingga yang dulunya tidak bisa tersentuh dapat ditanami padi sepanjang tahun.

Saya berharap kerjasama antara TNI, Polri, Dinas Pertanian, masyarakat serta pihak pihak terkait terus berjalan untuk mewujudkan swasembada pangan di kabupaten Bantul khususnya dan Indonesia pada umumnya. Pungkas Joko Waluyo, S.Pt., M.Si.