Kasipers Kasrem 091 ASN, Hadiri Rakornas Bidang Kearsipan Tahun 2024

SAMARINDA.OKE91NEWS.COM – Danrem 091/ASN diwakili . Kasipers Kasrem 091 ASN, Kolonel Arm Arief Darmawan, S.Sos hadiri Jamuan Makan Malam dalam rangka Rakornas Bidang Kearsipan Tahun 2024, bertempat di Ruang Odah Etam Kompleks Rumah Jabatan Gubernur Kaltim, Jl. Gajah Mada, Kel. Bugis, Kec. Samarinda Kota, Kota Samarinda Kaltim. Senin (27/5/2024).

Tema yang diusung untuk Rakornas kali ini adalah “Sustainable Archiving for the Best Future” (Kearsipan yang Berkelanjutan untuk Masa Depan Terbaik).

Penetapan Kalimantan Timur sebagai tuan rumah Rakornas 2024 diputuskan pada Rakornas Kearsipan 2023 di Banyuwangi, Jawa Timur, Mei lalu.

Rangkaian kegiatan yang akan digelar meliputi Rakornas Kearsipan, Penghargaan Kearsipan 2024, Rakortek Pengawasan Kearsipan, Pameran Arsip dengan tema Budaya Provinsi Kalimantan Timur, Ekshibisi One Stop Services Kearsipan, Ekshibisi Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, gerai kerajinan dan cinderamata UMKM, serta City Tour ke Depot Arsip LKD Provinsi Kalimantan Timur.

Sambutan Pj. Gubernur Kaltim yang dibacakan oleh Staf Ahli Gubernur Kaltim Bidang Reformasi Birokrasi dan Keuangan Daerah, Diddy Rusdiansyah Anan Dani menyampaikan, Salah satu Pembenahan yang harus dilakukan adalah birokrasi yang mendunia, yang mana bagian kearsipan yang harus dilakukan secara baik. Pembangunan IKN di Kalimantan Timur harus bisa kita imbangi diluar dari pendanaan yang secara masih diberikan oleh pusat.

Kalimantan Timur harus bersiap akan pelaksanaan upacara 17 Agustus 2024, maka kita harus bersiap akan segala kearsipan yang harus kita simpan secara baik. Selain itu juga, kita harus bersiap akan pelaksanaan MTQ Nasional di Kalimantan Timur.

Kalimantan Timur tidak akan berbicara terkait dengan primordialisme dimana kami sebagai tempat yang berwarna mengingat IKN sebagai warna yang sangat baik. Mari kita wujudkan Kalimantan Timur yang mampu mengimbangi pembangunan IKN.

Sedangkan sambutan Deputi Bidang Informasi dan Pengembangan Sistem Kearsipan – Arsip Nasional RI / Bapak Dr. Andi Kasman, SE., MM. mengatakan, Saya atas nama ANRI dan komunitas kearsipan mengucapkan terimakasih yang sebesar besarnya atas jamuan ini, jamuan ini bukan sekedar acara makan malam melainkan wujud nyata atas apresiasi peran kearsipan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Selamat hari Kearsipan Ke-53 yang diperingati setiap tanggal 18 Mei 2024, Arsip adalah saksi bisu perjalanan kita dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Peringatan hari kearsipan ke 53 mengambil tema “Sustainable Archiving for the Best Future” yang berarti kearsipan yang berkelanjutan untuk masa depan yang lebih baik.

Kami juga merasa bangga turut berpartisipasi untuk menjaga arsip negara demi kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik, semoga di hari kearsipan ini kita terus menjaga arsip serta mengelolanya dengan baik serta kedepannya kita dapat bersinergi dengan lebih baik lagi.

Hadir acara tersebut Plt. Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Drs. Imam Gunarto, M.Hum., Kadis Perpustakaan Provinsi Kaltim, Drs. M. Syirajuddin, M.M., Deputi Bidang Informasi dan Pengembangan Sistem Kearsipan-ANRI, Dr. Andi Kasman, S.T., M.M, Asisten Pidana Militer Kejati Kaltim, Kolonel Laut Zulkarnain, S.H., M.H., Kasetum Polda Kaltim, AKBP Rovina Retno Sumartini Dewi, S.H., Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Provinsi Kaltim, Drs. H. Syarifuddin, S.H., M.H., Danpos Samarinda Lanud Dhomber, Letda Pom Yandi, Dansubposal Marangkayu Lanal Balikpapan, Letda (P) Lamun Priyono.

(Penrem 091/ASN)