Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Budi Irawan, S.I.P., M.Si. “TMMD Reguler Ke – 119 TA 2024 Resmi Di Tutup”

Berita19 views

Bantul – Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Budi Irawan, S.I.P., M.Si. memimpin upacara penutupan TMMD Reguler 119 Ta 2024 di lapangan Banjarharjo 1, Kalurahan Muntuk, Kapanewon Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. (Rabu 20/03).

Secara simbolis, TMMD Reguler 119 Ta 20204 resmi ditutup oleh Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Budi Irawan, S.I.P., M.Si. disaksikan oleh Danrem 072 Pamungkas, Brigadir Jenderal TNI Zainul Bahar, S.H., M.Si. dan Dandim 0729 Bantul, Letkol Inf Muhidin, S.H. M.I.P Bersama Bupati Bantul, Bapak H. Abdul Halim Muslih yang dihadiri Unsur Forkopimda, para Pimpinan SKPK dan Jajaran TNI lingkup Kodim 0729 Bantul. Penutupan TMMD ke 119 ditandai dengan penanda tanganan Naskah kerjasama TNI dengan Pemerintah Kabupaten Bantul. Adapun lokasi TMMD tahun 2024 ini adalah di Dusun Tangkil, Kal. Muntuk & Dusun Salam, Kalurahan Temuwuh, Kapanewon Dlingo, Kabupaten Bantul. Dengan 6 pembangunan sasaran fisik antara lain :

1. Pembuatan Jembatan di Dusun Tangkil, Kalurahan Muntuk, Kapanewon Dlingo dengan lebar 12 Meter dan Bentang 12 Meter.

2. Pembuatan Talud penahan jembatan di Dusun Tangkil, dengan Panjang Kanan Kiri 30 Meter dan tinggi 5 Meter. Cor Blok jalan di Dusun Tangkil Sepanjang 400 Meter dan di Dusun Salam sepanjang 600 Meter dengan lebar 3 Meter dan Tebal 12 Centimeter.

3. Pembuatan Drainase di Dusun Tangkil, Kal, Muntuk, Kap. Dlingo sepanjang 50 Meter dengan tinggi 1 Meter.

4. Perehaban RTLH Rumah Bapak Sukidi (Suami, 45 Tahun) dan Ibu Ngatini (Istri, 43 Tahun) sehari – hari bekerja sebagai buruh serabutan di Dusun Tangkil, Rt 02 Kal, Muntuk Kap, Dlingo dimana kondisi awal dinding rumahnya masih menggunakan anyaman bambu, lantai rumah masih tanah dan belum meiliki MCK.

5. Perehaban Tempat Ibadah Mushola Al Hidayah DI Dusun Karang Asem Rt 03 Kal, Muntuk, Kap, Dlingo dengan kondisi awal Mushola belum memiliki tempat Wudhu.

6. Pipanisasi ke rumah – rumah warga dan pembangunan bak penampungan air merupakan bagian dari program unggulan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc. yaotu “TNI AD Manunggal Air”.

Dalam kesempatan tersebut Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Budi Irawan, S.I.P., M.Si. membacakan sambutan Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Deddy Suryadi, S.I.P., M.Si. program TMMD yang dilaksanakan selama lebih dari delapan dekade ini merupakan salah satu Program Bakti TNI untuk membantu pemerintah daerah dalam percepatan program pembangunan sarana prasarana dan infrastrukturbagi masyarakat yang tinggal di pedesaan dan di daerah terpencil.

Tentu saja TNI, dalam hal ini Kodam IV/Diponegoro, tidak dapat bergerak sendiri tanpa dukungan semua pihak. Untuk itu saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati/Walikota beserta OPD terkait, unsur Polri setempat, unsur TNI lainnya dan masyarakat yang selama kurang lebih satu bulan bersama TNI telah bahu membahu menyelesaikan program TMMD ke-119 Tahun Anggaran 2024.

Perlu saya sampaikan kembali tentang temaTMMD Reguler ke-119 tahun 2024 kali ini yaitu “Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah”. Tema ini mengandung makna bahwa TNI bersama dengan Pemerintah Daerah, Polri, dan masyarakatsecara bersama-sama melaksanakan proses percepatan pembangunan infrastruktur dan fasilitas umum guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat sebagai bentuk pengabdian TNI bersama seluruh unsur di wilayah kepada bangsa dan negara.

Pada program tahap I TA 2024 kali ini, Kodam IV/Diponegoro menggelar TMMD Reguler ke-119 di beberapa Kabupaten antara lain Kabupaten Pati, Bantul, Sragen, dan Purbalingga. Selain empat kabupaten tersebut, seluruh Kodim di jajaran Kodam IV/Diponegoro juga menyelenggarakan TMMD Sengkuyung sebagai wujud tekad Kodam IV/Diponegoro dalam membantu percepatan pembangunan di daerah secara merata dan menyeluruh.

Pada kesempatan yang baik ini, sekali lagi saya menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihakyang telah bekerja secara maksimal sehingga sasaran fisik TMMD, yang berupa pembangunan dan perbaikan infrastruktur diantaranya pengecoran jalan, pembuatan gorong-gorong, pembuatan talud, pembangunan jembatan, Pos Kamling, dan Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH)dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu.

Disamping sasaran pembangunan fisik dan non fisik tersebut diatas, kegiatan TMMD kali ini juga mengerjakan tugas-tugas yang diselaraskan dengan program unggulan Bapak Kepala Staf Angkatan Darat, seperti ketahanan pangan, pertanian terpadu atau pertanian terintegrasi seluas min 200 Ha, Urban Farming,rehabrumahdan MCK, TNI AD Manunggal Air, percepatan penurunan stunting, Posyandu, Posbindu, PTM (Penyakit Tidak Menular), penanaman pohon, pembersihan sungai, pembersihan pasar, rehab tempat ibadah dan pembangunan gudang penyimpanan hasil pertanian.

Selanjutnya, sebelum mengakhiri amanat ini, saya sampaikan beberapa perhatian sebagai berikut Pertama. Pelihara terus semangat kebersamaan dan kemanunggalan antara TNI dan rakyat, jangan mudah terhasut dan terprovokasi oleh berita negatif yang dapat memecah belah persatuan bangsa. Kedua. Pelihara terus semangat gotong royong sebagai warisan budaya bangsa. Ketiga.Jaga dan pelihara hasil program TMMD agar manfaatnya dapat dinikmati oleh warga masyarakat dalam kurun waktu yang cukup panjang. Keempat. Kepada para Dansatgas TMMD, segera lakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap pelaksanaan TMMD untuk dijadikan bahan perbaikan pada program TMMD mendatang. Kelima. Kepada para prajurit yang tergabung dalam Satgas TMMD, segera kembali ke satuan masing-masing dan perhatikan faktor keamanan selama dalam perjalanan.

Selanjutnya selesai melaksanakan upacara penutupan TMMD diadakannya Screening Kesehatan, Baksos dan Bazar Murah untuk masyarakat. Dalam kegiatan ini antusias warga masyarakat menyambut bergembira datang berbondong – bondong untuk melakukan Screening Kesehatan, Bakti Sosial sekaligus Bazar Murah untuk mendapatkan kebutuhan pokok sembako.

Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian TMMD Reguler 119 Kodim 0729 Bantul. Hari ini semua masyarakat tahu kebutuhan harga murah dan pelayanan prima dibutuhkan masyarakat Indonesia. “Mengetahui hal tersebut Kodim 0729 Bantul sekaligus merespon kesejahteraan masyarakat di bidang pangan dan peningkatan kesehatan”. Jelas Dandim 0729 Bantul, Letkol Inf Muhidin, S.H. M.I.P sekaligus sebagai Dansatgas TMMD Reguler 119 Kodim 0729 Bantul.

Acara tersebut pun diserbu ribuan masyarakat. Alhasil, tidak membutuhkan waktu lama sembako yang disiapkan langsung ludes diborong warga. Salah seorang warga, Mujirah (53 tahun) bersyukur bisa membeli minyak goreng dengan harga murah. Dia pun mendoakan kesuksesan untuk TMMD Reguler 119 Kodim 0729 Bantul. “Harapan ke depan semoga lebih bagus, sinergitas antara TNI dengan rakyat kecil seperti kami, hadirkan masyarakat sejahtera dan bisa mengangkat rakyat kecil,” doanya.

Sementara itu, salah seorang peserta pemeriksaan kesehatan gratis dari Poniran (48 tahun), mengaku merasa sangat terbantu dengan kegiatan Screening Kesehatan yang dilakukan oleh Satgas TMMD Reguler 119 Kodim 0729 Bantul tersebut. Apalagi dirinya belum memiliki BPJS Kesehatan “Kita yang enggak punya BPJS datang ke sini, obatnya juga gratis, cek gula darah juga gratis,” ujarnya.

Pemeriksaan kesehatan gratis yang dilakukan oleh sejumlah tenaga kesehatan ini meliputi cek tensi serta tes gula. Usai melakukan pemeriksaan kesehatan, warga juga mendapatkan obat sesuai keluhan sakit yang dirasakan. Sehingga benar – benar dirasakan manfaatnya untuk masyarakat.