Jelang Pemilu, Babinsa Kodim 0913/PPU Ikuti Apel Gelar Pasukan di Kodam VI/Mlw

Penajam, (oke91news.com),- Komandan Kodim 0913/PPU Letkol Inf Arfan Affandi bersama para Babinsa perwakilan jajaran Kodim 0913/PPU mengikuti apel gelar pasukan secara serentak dan vicon bersama Panglima TNI Pemilihan Umum (Pemilu) yang berlangsung 14 Februari 2024 yang bertempat di Lapangan depan Makodam VI/Mlw.Kamis (01/02/2024)

Usai pelaksanaan apel kepada awak media Panglima Komando Daerah Militer (Kodam) VI/Mulawarman Mayor Jendral TNI Tri Budi Utomo menyampaikan,“Yang paling utama persiapan personil terlebih dahulu, personil yang sudah kami laporkan kepada pimpinan itu secara keseluruhan ada 6.000 orang,” kata Pangdam  .

Menurutnya 6.000 personil itu mulai dari tingkat Kodam, Korem, hingga Kodim di wilayah Kodam VI/Mulawarman yang meliputi Provinsi Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara. “Kami ada 25 Kodim dan 192 Koramil, semua personel telah kami siapkan,” sebutnya.

Lanjutnya  Kodam VI/Mulawarman juga mengantisipasi adanya perkembangan situasi yang tidak diinginkan, oleh sebab itu Kodam VI/Mulawarman mengirimkan pasukan Bawah Kendali Operasi (BKO) menuju Koramil atau Kodim yang secara notabene kekurangan Babinsa.

“Untuk jumlahnya itu ada 380 orang yang kami siapkan baik dari Satuan Tempur (Satpur) maupun Satuan bantuan Tempur (Satbanpur),” ungkapnya.

Nantinya, pasukan BKO itu membantu bekerja sama dengan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) untuk pengamanan di sekitaran  Tempat Pemilihan Suara (TPS) .

“Kami memang tidak boleh mendekat ke TPS, tapi kami ada di sekitar TPS,” tutur Tri Budi Utomo .Dia juga mengungkapkan bahwa secara keseluruhan prajurit yang terlibat sudah melakukan pemeriksaan kesehatan, mereka tinggal menunggu waktu saja untuk masuk ke titik pengamanan.

Prajurit yang telah disiapkan nantinya akan terjun kelapangan tiga hari menjelang pelaksanaan pemilu, terkecuali untuk 380 orang yang bertugas di wilayah tertentu.Selain itu, “Kendaraan Bhabinsa yang kami siapkan ini untuk mempermudah pergerakan di kawasan pedalaman, sehingga bisa cepat untuk mengantar bantuan,” jelasnya.

Tri Budi Utomo mengemukakan, gelar pasukan dilaksanakan untuk mengetahui persiapan dari TNI untuk membantu kepolisian dalam rangka pelaksanaan pemilu 2024 yang dilaksanakan secara serentak.

(Sumber Dim 0913/PPU)