Babinsa Jembayan Berharap Melalui Inovasi Etam Cerdas Dapat Mengurangi Resiko Penularan Penyakit

TNI AD16 views

Kutai Kartanegara. oke91news.com–    Kejadian penularan penyakit dari ibu ke anak masih menjadi permasalahan kesehatan hingga saat ini. Untuk memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya pada ibu hamil, Babinsa Jembayan Koramil 0906-02/Loa Kulu, Serka Suparjan turut hadir dalam kegiatan Launching (peluncuran) Inovasi Etam Cerdas yang diselenggarakan oleh pihak UPTD Puskesmas Loa Kulu bertempat di BPU Desa Jembayan kecamatan Loa Kulu,Kukar.

Acara yang digelar pada selasa (14/5/2024) dalam rangka Eliminasi Terpadu PPIA (Pencegahan Penyakit Menular Infeksi dari Ibu ke Anak) Melalui Pemeriksaan Cepat dan Integrasi juga dihadiri oleh berbagai pihak terkait, termasuk perwakilan dari pemerintah kecamatan Loa Kulu, pemerintah desa Jembayan, dinas kesehatan, tokoh masyarakat, dan para ibu-ibu desa Jembayan.

Dalam kesempatan tersebut, Serka Suparjan menyatakan dukungannya terhadap program yang digagas oleh pihak pemerintahan kecamatan melalui dinas kesehatan setempat dalam upaya mengurangi resiko dan pencegahan penyakit menular.

“Sebagai Babinsa, kami berkomitmen untuk mendukung setiap upaya yang bertujuan meningkatkan kesehatan masyarakat. Inovasi ini sangat penting untuk memastikan generasi mendatang terhindar dari berbagai resiko penyakit menular yang terjadi pada saat selama kehamilan,” ujarnya.

Ia juga menekankan pentingnya peran aktif semua elemen masyarakat serta berharap kepada para ibu hamil untuk selalu melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala.

Inovasi Etam Cerdas ini dirancang untuk mengurangi angka penularan penyakit menular infeksi dari ibu ke anak melalui pemeriksaan cepat dan integrasi layanan kesehatan. Inovasi ini diharapkan mampu memberikan dampak signifikan dalam menekan angka penularan penyakit seperti HIV, Hepatitis B, dan Sifilis yang dapat ditularkan dari ibu ke anak selama kehamilan, persalinan, atau menyusui. Sumber Kodim 0906/Kkr