Antisipasi Penyebaran DBD, Babinsa Muara Muntai Bersama Instansi Terkait Lakukan Tindakan Fogging

TNI AD48 views

Kutai Kartanegara. oke91news.com–    Cegah penyebaran wabah DBD (Demam Berdarah Dengue) yang disebabkan oleh virus dari nyamuk Aedes aegypti, Babinsa Koramil 0906-10/Muara Muntai, Sertu Joyo Rame bersama aparatur pemerintah desa dan Puskesmas Muara Wis melaksanakan tindakan fogging di sekitar lingkungan pemukiman warga desa Lebak Mantan, kecamatan Muara Wis kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Kamis 25/01/2024

Tindakan ini diambil sebagai respons terhadap meningkatnya kasus DBD di beberapa daerah, dan sebagai upaya mengantisipasi serta mencegah munculnya penyakit DBD disekitar pemukiman warga dengan cara atau metode pengendalian nyamuk pembawa (vektor) penyakit Demam Berdarah Dengue.

Pada kegiatan tersebut Sertu Joyo Rame mengungkapkan, “Fogging adalah tindakan pengasapan dengan menggunakan bahan pestisida yang bertujuan untuk membunuh nyamuk secara luas, dimana kegiatan ini merupakan metode pengendalian vektor yang efektif untuk menekan populasi nyamuk penyebab DBD”.

“Namun perlu diingat, tindakan ini hanya membunuh nyamuk dewasa saja tidak untuk larva, telur, ataupun jentik nyamuk, oleh karena itu kami juga menghimbau kepada masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan guna memutus siklus hidup nyamuk Aedes aegypti”, tambahnya.

Petugas Puskesmas Muara Wis yang turut dalam kegiatan fogging tersebut juga mengatakan, “Kami bersama aparatur desa setempat dan Babinsa berkomitmen untuk berupaya mengantisipasi meluasnya penyebaran dan mengatasi masalah DBD ini. Selain fogging, kami juga mengimbau masyarakat untuk aktif membersihkan tempat-tempat yang berpotensi menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk, seperti bak mandi, tempat penampungan air, dan limbah organik lainnya”. Sumber Dim 0906/Kkr