Upacara Pembukaan TMMD Reguler Ke-119 Kembali Digelar di Kabupaten Bantul

Berita10 views

Bantul – Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-119 Tahun 2024 di Kabupaten Bantul kembali digelar selama satu bulan kedepan. Hari Selasa, 20 Februari 2024, kegiatan TMMD ini resmi dibuka oleh Bupati Bantul didampingi oleh Danrem 072 Pamungkas, Brigadir Jenderal TNI Zainul Bahar, S.H., M.Si. dan Dandim 0729 Bantul, Letkol Inf Arif Hermad, S.I.P., M.M. (Selasa, 20/02).

Secara simbolis, pembukaan TMMD ini dihadiri Unsur Forkopimda, para Pimpinan SKPK dan Jajaran TNI lingkup Kodim 0729 Bantul. Pembukaan TMMD ke 119 ditandai dengan penanda tanganan Naskah kerjasama TNI dengan Pemerintah Kabupaten Bantul. Adapun lokasi TMMD tahun 2024 ini adalah di Dusun Tangkil, Kal. Muntuk & Dusun Salam, Kalurahan Temuwuh, Kapanewon Dlingo, Kabupaten Bantul.

Bupati Bantul Bapak H. Abdul Halim Muslih , membacakan amanat Gubernur DIY, Bapak Sri Sultan Hamengku Buwono X, Hakekat pembangunan daerah melalui TMMD adalah salah satu upaya mewujudkan komitmen moral TNI dan pemerintah daerah untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan masyarakat secara terpadu serta berkesinambungan.

Hari ini, kita merayakan semangat kebersamaan, dedikasi, dan kolaborasi yang luar biasa antara TNI dan rakyat, dalam program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD). Program ini bukan sekadar inisiatif; melainkan menjadi manifestasi nyata dari komitmen kita bersama, untuk membangun Indonesia dari desa-desa, menjadikannya fondasi yang kokoh untuk pembangunan nasional, dan ketahanan nasional yang tak tergoyahkan.

Prajurit TNI, sebagai patriot dan ksatria bangsa, telah menunjukkan dedikasi tanpa batas dalam menjalankan Sapta Marga, Sumpah Prajurit, dan Delapan Wajib TNI, menghidupkan nilai-nilai Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.
TMMD bukan hanya tentang pembangunan fisik seperti jembatan, jalan, atau fasilitas publik; melainkan juga tentang membangun jembatan kebersamaan, memadukan jalan kekeluargaan, dan menciptakan fasilitas untuk memperkuat ikatan persaudaraan kita.

TMMD merupakan cerminan dari semangat gotong-royong, yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia. Ini menjadi panggilan bagi kita semua untuk berpartisipasi, bergandengan tangan, dan bekerja bersama dalam mencapai kemajuan. Semangat ini adalah tentang menanamkan rasa kebersamaan, memperkuat kesatuan dan persatuan, serta mewujudkan kemanunggalan TNI dan rakyat yang tangguh.
Atas pelaksanaan TMMD pada hari ini, Saya, mewakili Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta, ingin mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan tertinggi kepada Komandan Korem 072/Pamungkas, dan semua anggota yang telah menjawab panggilan ini dengan hati yang tulus dan nyala semangat yang tiada pernah padam. Melalui TMMD ini, TNI telah menorehkan tinta emas dalam pembangunan bangsa kita.

Untuk itu, mari kita semua, dengan dipandu semangat TMMD, terus berjalan bersama, membangun negeri ini dengan tangan kita sendiri. Ini adalah waktu kita untuk berkontribusi secara nyata, seiring membangun kekuatan sejati Indonesia melalui gotong-royong dan solidaritas. Bersama, kita tidak hanya membangun desa, tapi juga membangun masa depan bangsa yang lebih cerah dan lebih kuat.