Satgas TMMD Reg 119 Kodim 0729 Bantul Melalui Komsos Ronda Malam dengan Warga

Berita8 views

Bantul – Satuan Penugasan Satgas Yonif Mekanis 403 Wirasada Pratista bersama warga melakukan ronda di Dusun Tangkil, Kal. Muntuk & Dusun Salam, Kalurahan Temuwuh, Kapanewon Dlingo, Kabupaten Bantul.

Ronda malam bersama warga merupakan upaya menjalani kebersamaan dan lebih mendekatkan diri antara prajurit TNI dengan masyarakat. Bukan hanya giat pembangunan sarana prasarana fisik yang dikerjakan bersama, tetapi jalinan kemitraan bersama mewujudkan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) menjadi hal penting dalam membangun komunikasi sosial (komsos) antara prajurit TNI dan warga.

Komandan SSK TMMD Reguler Ke 1119 TA 2024, Lettu Inf Redo Asmadi dari satuan Yonif Mekanis 403 Wirasada Pratista mengatakan, membangun komsos antara prajurit TNI dengan warga sangat penting. Karena mereka bertugas di TMMD selama satu bulan, bukan hanya geliat pembangunan ditonjolkan bagi Satgas TMMD, tetapi membangun kekuatan bersama rakyat, TNI kuat atas dukungan dari rakyat, dan TNI jauh lebih hebat dengan kepercayaan rakyat.

“Dengan ronda malam di pos kamling tercipta komunikasi antara prajurit TNI dan warga. Pemukiman warga menjadi aman, nyaman, dan tentram karena menyatunya prajurit TNI dengan warga,” kata Redo Asmadi.

Terlihat dilokasi Koptu Agus Sumindar, Kopda Teguh bersama Bapak Ngatio, Bapak Muriadi (Pak RT) dan Bapak Yoto Bahrun melakukan ronda tersebut merupakan kesepakatan bersama. Setiap malam, tiga sampai lima prajurit ikut ronda di pos kamling. Mereka bersama warga melakukan patroli keliling kampung. “Prajurit TNI juga mengajarkan kepada warga untuk melakukan langkah antisipasi, meminimalisir aksi kejahatan pemukiman dengan menjalin kekompakan antar warga meminimalisir aksi kejahatan di pemukiman” kata Koptu Agus Sumindar.

Selain itu, tujuan lainnya adalah membangun rasa kebersamaan antar warga pemukiman. Pos kamling yang lama maupun yang baru dibangun Satgas TMMD Reguler Ke – 119 Kodim 0729 Bantul
menjadi sarana warga untuk membuat pam swakarsa lebih baik untuk kamtibmas di pemukiman.

Bapak Muriadi (Pak RT)mengatakan dengan adanya ronda malam akan meminimalisir aksi kejahatan “Jika dulunya pos kamling sepi, sekarang ramai kembali. Terima kasih kepada Bapak TNI yang telah ronda bersama warga desa dan mengajarkan masyarakat peduli untuk keamanan pemukimannya sendiri “. ujarnya.