Penyuluhan Posyandu dan Posbindu PTM Dalam Rangka TMMD ke- 120 Kodim 0908/Bontang

BONTANG.OKE91NEWS.COM — Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-120 Kodim 0908/Bontang melaksanakan kegiatan penyuluhan Posyandu dan Posbindu PTM (Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular) di Lamin Makodim Jl,Awang Long, Kelurahan Bontang Baru, Kecamatan Bontang Utara, Kota Bontang, Sabtu (1/6/2024).

Kegiatan ini dilakukan dengan bekerja sama dengan dinas kesehatan kota Bontang , bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya Posyandu dan Posbindu PTM, serta upaya pencegahan dan penanggulangan stunting dan penyakit tidak menular seperti diabetes, hipertensi, dan penyakit jantung.

Dandim 0908/Bontang Letkol Inf Aryo Bagus Daryanto menyampaikan bahwa penyuluhan ini diadakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya menjaga kesehatan melalui kontrol rutin dan pencegahan dini. “Kami melihat antusiasme yang tinggi dari masyarakat dalam mengikuti kegiatan ini. Mereka sangat senang mendapatkan pengetahuan tentang cara mendeteksi dini penyakit dan cara menanggulanginya.

Acara ini menghadirkan Palupi Setyo Hapsari dari dinas kesehatan kota Bontang sebagai narasumber,Dalam penyuluhan mereka menjelaskan pentingnya Posyandu dan Posbindu sebagai sarana pelayanan kesehatan yang dapat diakses oleh masyarakat secara rutin untuk mendeteksi dan mencegah penyakit.

“Pengetahuan tentang stunting sangat penting karena stunting merupakan masalah gizi kronis yang dapat menghambat pertumbuhan anak. Dengan pemahaman yang baik, masyarakat dapat melakukan langkah-langkah pencegahan yang tepat untuk memastikan anak-anak mereka tumbuh sehat dan optimal,” jelas Dandim.

Selain itu, penyuluhan ini juga menekankan pentingnya peran serta organisasi dan elemen masyarakat lainnya dalam menyebarkan informasi kesehatan, sehingga diharapkan akan ada peningkatan kesadaran kolektif dalam menjaga kesehatan keluarga dan mencegah penyakit tidak menular.

Dengan adanya kegiatan seperti ini, diharapkan generasi mendatang dapat tumbuh dengan sehat dan memiliki masa depan yang lebih cerah. “Dalam waktu dekat, kami akan terus melaksanakan pelayanan kesehatan Posyandu dan Posbindu untuk masyarakat,” tambah Letkol Inf Aryo Bagus Daryanto.

(Pendim Btg)