Krjogja : Kasdam IV/Diponegoro Tutup TMMD, Ini Hasilnya

Berita40 views

Krjogja.com Bantul Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Budi Irawan, SIP MSi menutup program (TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-119 di Lapangan Banjarharjo 1, Kalurahan Muntuk, Kapanewon Dlingo, Kabupaten Bantul, Rabu (20/3). Dalam penutupan disaksikan Danrem 072 Pamungkas, Brigadir Jenderal TNI Zainul Bahar, S.H., M.Si. dan Dandim 0729 Bantul, Letkol Inf Muhidin, S.H. M.I.P. Dalam TMMD tahun 2024 dilaksanakan di Dusun Tangkil Muntuk dan Dusun Salam, Kalurahan Temuwuh, Kapanewon Dlingo.

Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Budi Irawan ketika membacakan sambutan Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Deddy Suryadi, S.I.P., M.Si. mengatakan, TMMD sudah dilaksanakan selama lebih dari delapan dekade tersebut merupakan salah satu Program Bakti TNI untuk membantu pemerintah daerah dalam percepatan program pembangunan sarana prasarana. Khususnya infrastruktur bagi masyarakat di daerah terpencil. Tetapi Kodam IV/Diponegoro, dalam TMMD itu tidak bisa sendiri tanpa suport semua pihak. “Untuk itu saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati beserta OPD terkait, unsur Polri setempat, unsur TNI lainnya dan masyarakat yang selama kurang lebih satu bulan bersama TNI telah bahu membahu menyelesaikan program TMMD ke-119 Tahun Anggaran 2024,” ujar Budi Irawan.

Dijelaskan, temaTMMD Reguler ke-119 tahun 2024 kali ini yaitu “Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah”. Tema tersebut mengandung makna bahwa TNI bersama dengan Pemerintah Daerah, Polri, dan masyarakat secara bersama-sama melaksanakan proses percepatan pembangunan infrastruktur dan fasilitas umum. Komitmen tersebut sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pada program tahap I TA 2024 kali ini, Kodam IV/Diponegoro menggelar TMMD Reguler ke-119 di beberapa Kabupaten diantaranya, Kabupaten Pati, Bantul, Sragen, dan Purbalingga.

Dalam program TMMD di Muntuk infrastruktur yang dibangun meliputi Jembatan di Dusun Tangkil, Muntuk, pembangunan talut penahan jembatan di Dusun Tangkil, cor blok jalan di Dusun Tangkil Sepanjang 400 Meter dan di Dusun Salam sepanjang 600 Meter. Kemudian pembangunan drainase di Dusun Tangkil Muntuk, rehab 2 Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Dusun Tangkil serta rehab Musala Al Hidayah di Dusun Karang Asem Muntuk.

Selain itu TMMD juga menggulirkan pipanisasi ke rumah – rumah warga dan pembangunan bak penampungan air merupakan program unggulan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc. (Roy)