Kodam VI/Mlw, Kodim 0913/PPU Gelar Sosialisasi Penurunan Stunting

Penajam, (oke91news.com),- Sebagai salah satu bentuk komitmen untuk mempercepat penurunan stunting, Seperti Kodim 0913/PPU menggelar acara sosialisasi penurunan stunting serta pemberian bantuan bingkisan nutrisi kepada anak stunting yang bertempat di Aula Makodim 0913/PPU.Selasa (30/1/2024)

Stunting merupakan kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis sehingga anak lebih pendek untuk usianya. Indonesia menjadi salah satu negara dengan masalah stunting.

Dalam sambutannya Komandan Kodim 0913/PPU Letkol Inf Arfan Affandi menyampaikan,” Ucapan Terima Kasih Kepada pihak-pihak terkait yang sudah berkolaborasi dan berkontribusi dalam rangka penurunan angka stunting di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara ini,”jelasnya.

Fokus kegiatan sosialisasi ini yaitu melakukan penyuluhan mengenai stunting, penyebab stunting, dampak stunting, gejala, dan cara pencegahan stunting dengan menerapkan 1000 Hari Pertama Kehidupan (1000 HPK). Tujuan kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan pengetahuan ibu mengenai stunting dan diharapkan para ibu lebih tanggap tentang ancaman bahaya stunting.

Dalam hal ini pihak Pemerintah Kab PPU Polres PPU serta Pertamina yang sudah banyak membantu dalam program-program yang langsung bersentuhan dengan masyarakat terutama mengenai penurunan stunting.

“Dengan harapan kedepan lebih kreatif lagi sehingga anak-anak kita di genersi masa depan tidak ada lgi yaang namanya kena stunting,”pinta Dandim.

Dalam kegiatan tersebut juga di isi dengan penyampaian oleh Ibu Tri selaku Kepala Bidang dan pelayanan Dinas Kesehatan serta sosialisasi penyebab terjadinya stunting oleh BKKBN Kab PPU.

Dan Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 72 tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting,Perpres ini juga untuk memperkuat kerangka intervensi yang harus dilakukan dan kelembagaan dalam pelaksanaan percepatan penurunan stunting.

(Sumber Dim 0913/PPU)