Kodam VI/Mlw, Dukung Swasembada Pangan Babinsa Tanjung Tengah Bantu Petani Bajak Sawah Dengan Rotari

Penajam, (https://oke91News.com),-Guna mendukung program ketahanan pangan Nasional,Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kelurahan Tanjung Tengah Koramil 01/Penajam Sertu Herry bersama Kepala Dinas Pertanian Kab PPU Andi Traso dan PPL Kelurahan Ibu Anita melaksanakan pendampingan Petani dalam membajak sawah dengan menggunakan traktor jenis rotari yang bertempat di Jl Pondo Kessi RT 01 Kelurahan Tanjung Tengah Ke3c Penajam Kab PPU.Kamis (21/3/2024)

Dan untuk diketahui bahwa,bajak rotari adalah bajak yang terdiri dari pisau-pisau yang berputar. Berbeda dengan bajak piringan yang berputar karena ditarik traktor, maka bajak ini terdiri dari pisau- pisau yang dapat mencangkul yang dipasang pada suatu poros yang berputar karena digerakan oleh suatu motor.

Bajak rotari biasanya banyak digunakan untuk struktur tanah gembur ataupun tanah sawah, ditemui pada pengolahan sawah untuk ditanami padi. Penggunaan alat bajak rotari dapat dikombinasikan dengan traktor roda empat atau traktor roda dua

Sebagai Babinsa kegiatan ini merupakan bentuk loyalitas sesuai perintah komando atas untuk terjun langsung ke sawah guna ikut mendampingi petani agar percepatan tanam segera terwujud,” ujar Babinsa.

Selain itu,tujuan serta adanya Kelompok Tani sejalan dengan adanya pendampingan pertanian yang dilakukan Babinsa. Komitmen pendampingan kepada petani tersebut, merupakan bukti TNI AD benar-benar menjalankan tugasnya mewujudkan swasembada pangan nasional.

(Sumber Dim 0913/PPU)