Kodam VI/Mlw, Anggota Kodim 0913/PPU Ikuti Upacara Dalam rangka HUT Satpol PP Dan Satlinmas Kab PPU

Penajam, (oke91news.com),- Bertempat di Lapangan Pemkab PPU segenap personil TNI dari Kodim 0913./PPU beserta Instansi lainnya mengikuti upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP)  dan HUT ke-62 Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) yang di pimpin oleh Sekretaris Daerah (Sekda) PPU Drs Tohar yang didampingi jajaran unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta para pejabat lainnya.Selasa (30/4/2024)

 

Sekda PPU Tohar dalam arahannya mengatakan, Satpol PP memiliki peran besar dalam memelihara dan menyelenggarakan ketertiban umum, perlindungan masyarakat, serta menegakkan peraturan daerah (perda). 

 

Satpol PP sebagai perangkat daerah mempunyai andil besar dalam menciptakan situasi dan kondisi yang tenteram, tertib dan teratur sesuai dengan kewenangannya dalam penegakan peraturan daerah dan peraturan kepala daerah.

 

Peran strategis Satpol PP dalam menciptakan situasi yang kondusif telah dibuktikan saat pelaksanaan tahapan pemilihan presiden dan wakil presiden serta pemilihan legislatif yang dilaksanakan pada 14 Februari lalu.

 

Satpol PP menjadi salah satu faktor penting dalam mendukung keberhasilan penyelenggaraan pemilu melalui penertiban alat peraga kampanye (APK), distribusi logistik dan hal teknis lainnya.

“Melalui momentum rangkaian perayaan hari jadi Satpol PP dan satlinmas tahun ini. Saya berharap kualitas pelaksanaan tugas sebagai abdi negara, abdi masyarakat, dan abdi pemerintah dapat terus ditingkatkan,” ungkap Tohar.

 

Satpol PP dan Satlinmas juga diharapkan dapat bekerja sama dan bersinergi dengan TNI dan Polri untuk turut serta menjaga stabilitas keamanan. 

 

Tohar yakin, pengalaman Pilkada tahun sebelumnya serta Pemilu pada tahun ini akan menjadi landasan yang kuat bagi Satpol PP dan Satlinmas dalam menjalankan tugas-tugas secara efektif dan profesional. 

“Dengan memanfaatkan pengalaman tersebut diharapkan Satpol PP dan Satlinmas dapat lebih siap dan tanggap menghadapi tantangan yang mungkin timbul selama masa kampanye dan pelaksanaan pilkada serentak yang akan datang,” tutupnya.

 

Dalam kesempatan ini, selain memusnahkan miras hasil penertiban, jajaran Satpol PP PPU juga menggelar sejumlah atraksi bela diri sebagai bukti bahwa satuan ini memiliki perlindungan diri dalam melaksanakan tugas dan fungsinya.

 

Puluhan botol minuman keras (miras) berbagai merek dimusnahkan di sela-sela upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP)  dan HUT ke-62 Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

 

Pemusnahan botol miras yang merupakan barang bukti hasil tangkapan Satpol PP PPU ini dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) PPU, Tohar didampingi jajaran unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), para pejabat, dan kepala Satpol PP.

(Sumber Dim 0913/PPU)