Apel Gelar Pengamanan VVIP Sambut Kunker Presiden RI ke Wilayah IKN

SAMARINDA.OKE91NEWS.COM –  Dalam rangka kunjungan Presiden Republik Indonesia H. Joko Widodo (Jokowi) di kota Balikpapan dan wilayah Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, apel gelar pasukan pengamanan VVIP diselenggarakan di lapangan Mangga 2 (Kampung Tengah) Sepaku Jl. Negara KM 41 RT. 04 Desa Bukit Raya Kec. Sepaku Kabupaten PPU. Senin (3/6/2024).

Danrem 091/ASN, Brigjen TNI Anggara Sitompul, S.I.P., M.Si. didampingi Para Kasi Korem 091/ASN memimpin langsung pelaksanaan Apel gelar pasukan pengamanan VVIP dan pengecekan kesiapan pasukan.

Dalam amanatnya, Danrem 091/ASN menyampaikan, kita melaksanakan apel gelar dalam rangka kegiatan pengamanan kunjungan kerja bapak Presiden selama 3 hari di wilayah Kalimantan Timur. Kemarin kita sudah gelar pasukan di Balikpapan sekarang kita lakukan yang khusus kegiatan selama kurang lebih dua hari di wilayah ibukota Nusantara ini.

Saya yakin bahwa para Perwira yang ada di sini, sudah memahami betul mengenai sektor tugas dan kondisi ditempat masing-masing meskipun demikian, kita paham bahwa tidak ada kondisi yang selalu statis dan selalu dinamis sehingga setiap saat kita harus terus memegang teguh disiplin kewaspadaan, karena hanya dengan itu kita mampu nanti melakukan tugasnya dengan baik betul-betul diberi anggota-anggota yang BKO yang diberikan kepada saudara-saudara sehingga dia paham apa yang mau dilakukan dimana posisinya terus langkah-langkah apa yang dikerjakan ketika ada sesuatu hal yang perlu dilaporkan, sampaikan kepada mereka.

Lebih lanjut, Danrem juga mengatakan bahwa kegiatan tersebut sebagai sarana untuk melaksanakan koordinasi antar unsur terkait pengamanan di lapangan sehingga tidak terjadi kesalahan sekecil apapun serta bila terjadi kendala di lapangan dapat segera diatasi.

Apel Gelar Pengamanan VVIP bertujuan untuk mengetahui kesiapan personel sesuai bidang dan tugas pokok masing-masing bagian sesuai dengan prosedur tetap (Protap) VVIP, selain itu juga kesiapan materil pendukung sehingga dalam pelaksanaan nantinya tidak terjadi tumpang tindih maupun salah prosedur.

Hari ini kita gelar, nanti setelah ini akan dilanjutkan dengan kegiatan orientasi peninjauan di sasaran masing-masing setelah itu nanti mungkin ada jeda waktu karena besok beliau baru ke sini nanti jelaskan secara teknis jam berapa bapak-bapak ini harus insert di lokasi masing-masing sehingga tidak ada yang terlambat dan tidak ada yang tidak paham tugasnya di lapangan.

Mari kita lakukan tugas ini dengan baik dan Radio radionya taruh di kuping masing-masing sehingga informasi yang berkembang bisa segera dilaporkan, Semoga diberikan kesehatan dan semua aktivitas kegiatan yang kita lakukan Tuhan menolong kita sehingga kegiatan pengamanan ini berjalan lancar aman sampai dengan selesai beliau kembali ke Jakarta dalam sehat walafiat

(Penrem 091/ASN